Kesalahan yang Sering Dilakukan Blogger Saat Memilih Topik Tulisan


Ada beberapa masalah sama yang selalu timbul ketika seorang blogger ingin memulai karirnya sebagai penulis blog dan salah satu masalah terbesar yang akan sangat mengganggu kamu di kemudian hari adalah memilih niche yang salah untuk blog kamu. Hal ini akan sangat menyebalkan ketika kamu baru menyadarinya setelah sekian lama. Kemajuan blog kamu akan mulai tersendat, kekurangan ide untuk menulis, bahkan harus mengulang dan membuat blog baru dari nol lagi.

Ada beberapa alasan kenapa niche atau topik tertentu bisa menjadi pilihan yang salah untuk membuat blog. Bisa jadi kamu tidak terlalu menyukainya, kamu tidak terlalu mengenal dengan baik topik ini, atau terlalu sulit untuk mendapatkan uang dari topik ini. Yang paling sering terjadi adalah, banyak orang berinvestasi banyak uang dan waktu hanya untuk blog dengan topik yang tidak tepat.



Seperti yang dilansir dari bloggingwizard.com, ada beberapa pertanyaan penting yang harus kamu pertanyakan terlebih dahulu terkait niche di blog kamu sekarang dan beberapa ide untuk membantu kamu memilih niche atau topic yang sempurna untuk blog kamu.

2 Skenario Memilih Niche yang Salah


Skenario 1
Seseorang memilih topik yang mereka sukai untuk ditulis tapi tidak menyadari bahwa topik yang dipilih akan sulit menghasilkan uang. Beberapa bulan atau bahkan beberapa tahun kemudian ia baru sadar jika blog-nya tidak akan bisa menghidupi dirinya apalagi istri dan anaknya.

Tentu kamu akan merasa senang jika bisa menulis topik yang kamu suka, tapi kamu juga perlu hidup untuk bisa terus menulis dan sayangnya (meski tidak selalu - hanya sebagian besar waktu) kamun butuh uang untuk hidup.

Kesulitan finansial ini cepat atau lambat akan mengganggu diri dan keluarga-mu hingga akhirnya kehilangan kebebasan untuk menulis.

Skenario 2
Seseorang memilih niche semata-mata hanya karena mengejar keuntungan seperti topik perjudian yang juga diusung oleh situs www.mahabet.org. Beberapa bulan atau tahun berikutnya dia sadar jika topik yang ditulisnya bukan hal yang dia sukai, kehilangan semangat untuk menulis, dan bahkan kehilangan ide untuk bisa melanjutkan blog-nya.

Ini adalah fakta yang kamu harus ingat setiap waktu: saat kamu melakukan sesuatu tidak dengan hati, orang akan tahu dan itu lah saat semua usaha-mu akan runtuh.

Tentu sangat mungkin untuk penulis menyembunyikan perasaan seperti ini, tapi saat rasa malas muncul dan kamu tidak punya motivasi, semuanya akan berantakan.

Dengan skenario di atas kamu akan tahu pertanyaan seperti apa yang harus segera kamu tanyakan pada dirimu sendiri ketika kamu akan memilih topik untuk kamu tulis di blog.

Topik Apa yang Paling Kamu Sukai?

Ini adalah pertanyaan paling penting untuk kamu tanyakan terhadap diri sendiri dan jika kamu tidak menyukai topik yang kamu pilih, bisa jadi itu sebuah pertanda buruk. Percayalah, passion selalu menjadi kunci dari sebuah kesuksesan. Dengan passion, kamu akan terus termotivasi, menjauhkan kita dari kata menyerah dan membantu kita untuk terus belajar dan berkembang setiap harinya.

Topik Apa yang Bisa Menghasilkan Profit?

Kita harus lebih jujur di sini, kebanyakan dari kita membuat blog tidak sekedar hanya untuk hobi (meski awalnya memang begitu). Banyak dari kita yang ingin bisa menghasilkan uang selagi kita melakukan apa yang kita sukai. Yang mana artinya, pertanyaan yang selanjutnya yang harus kamu tanyakan adalah: apakah topik yang dipilih bisa menghasilkan uang?

Kamu juga bukan hanya mempertimbangkan apa topik ini bisa menghasilkan uang tapi berapa sulit dan berapa lama sampai uang itu masuk ke kantong kamu. Ada beberapa faktor yang membuat sebuah topik tulisan mudah untuk diuangkan, yaitu:
·         Ada produk terkenal dengan niche yang sama
·         Topiknya populer dan tidak lekang oleh waktu

·         Menarik untuk dibaca dan (jika memungkinkan) sedikit kontroversial

No comments:

Powered by Blogger.